Love From Home, Aktivitas Ini Buat Kamu Semangat lagi !

“Ini hari apa sih?,”.

“Sekarang tanggal merah apa ya?”.

Kamu juga suka bertanya kaya gitu gak sih?. Kalau aku sering kali pertanyaan ini terlontar dari percakapan sehari-hari,  bertanya berulang untuk memastikan hari apa ini. Karena ya semua hari kok rasanya sama ya?.

Aku dan kamu sepertinya mengalami hal yang sama. Situasi pandemic ini memang tidak mudah. Aktivitas ruang gerak pun dibatasi. Dari yang kalau mau keluar langsung tancep aja, sekarang kudu mikir-mikir perlu gak ya? Penting gak ya?.  Dari yang 14 hari di rumah aja menjadi berhari-hari hingga lupa hari.

Situasi memang lagi sulit, namun bukan berarti kita menyerah begitu aja donk.  Aku memantau aktivitas teman-teman online semakin melejit, mulai dari live Instagram, update story skill memasak yang makin ciamik, dan belum lagi berkreasi mengikuti chalange-challenge yang menarik. Berbagai cara dilakukan untuk tetap “waras” di tengah pandemic ini.

“Akuuu bosaaaannnn!!!!”

Iya, bukan kamu aja kok. Aku pun, kita semua pasti bosan, memiliki kekhawatiran, rasa takut, bahkan pikiran-pikiran negative lainnya. Eits,..tenang dulu!. Beruntungnya kita menghadapi pandemic ini di zaman yang tehnologi cukup pesat. Kebayangkan ketika pandemic ini kita masih menggunakan “pager”, telegram, ataupun HP layar hitam putih?. Duh, bisa mati gaya deh!. Nah, Oleh karena itu kita kreatifitas tidak boleh berhenti walaupun saat ini kita di rumah aja.

Work from home sebenarnya bukan hal yang “baru” bagi kami para freelancer, content creator, blogger. Percaya gak percaya the future office is our home, kita bisa mengerjakan apapun sekarang di rumah aja dengan modal internet dan gadget. Pekerja kreatif pun sebenernya sudah cukup terbiasa dengan menyelesaikan konten di rumah, walapun sesekali tetap akan keluar untuk meeting dan mencari bahan-bahan konten lainnya.

Biar Work From Home semakin asik, aku akan memberikan tips-tips yang bakalan membuat kamu berfikir lagi bahwa work from home, Why Not?

 

Work from home in Stylish / Fashionable Way

Buat kamu yang belum terbiasa kerja di rumah, kamu bisa loh memulai aktivitas yang sama ketika kamu kerja di luar. Misalnya bangun pagi, menyeduh kopi, lalu mulai beraktvitas. Bukan berarti kerja di rumah kamu jadi malas-malasan yaa…, terus males juga buat menjaga penampilan kamu. “Ah, gak ada yang liat juga”. Eittss tunggu dulu!.

Kerja di rumah mungkin akan merasa membosankan dan moodnya bakalan beda, nah untuk menjaga mood kamu biar tetap energik, aku biasanya tetap berpenampilan stylish di rumah, entah itu nanti ada meeting online ataupun Live di Instagram. Percaya gak percaya dengan penampilan kamu yang siap, energi positif juga akan mengikuti kamu loh.

Gak hanya outfit aja loh, aku juga biasnya tetap menggunakan make up, dan merasa semakin percaya diri dan semangat untuk memulai aktivitas. Aku terinspirasi dari Diana Rikasari yang tetap colourfull bahkan di rumah aja.

Agar tidak gabut dan hilang arah, aku juga mengatur jadwal apa aja yang akan aku kerjakan. Deadline apa saja yang harus segera diselesaikan, mengatur skala prioritas, plus biar semakin mood aku biasanya merapikan meja kerja. Dengan tampilan yang menarik dan nyaman, bekerja pun menjadi lebih semangat.

Inget yaa.. berpenampilan menarik bukan hanya untuk dilihat orang lain kok, tapi itu adalah untuk kita. Mengapresiasi diri dan mencintai diri kita sendiri.

 

Upgrade Skill Baru atau mempertajam skill yang ada

 Jutaan manusia menyadari bahwa pandemic ini mengubah hidup mereka, ya termasuk aku pun. Banyak dari kita yang harus kehilangan mata pencarian dan saat ini membutuhkan bantuan kita. Kita pun bisa mengambil peran untuk membantu. Baik secara langsung ataupun membantu promosi para pelaku usaha atau teman-teman kita.

Tidak ada waktu yang tidak tepat untuk memulai sesuatu. Baik ketika kamu akan memulai bisnis ataupun belajar skill yang baru. Seperti aku yang memilih mengambil beberapa kelas online tentang digital marketing, serta mengikuti diskusi-diskusi online.

Banyak banget yang bisa kita pelajarin, bisa melalui aplikasi bahkan dengan menonton Youtube. Kamu yang dulu gak ada waktu buat belajar Bahasa Inggris, nah sekarang waktu yang tepat. Atau kamu mau belajar masak-masak ya Sekarang waktu yang tepat. Gunakan apa yang kamu miliki saat ini, mulailah di mana kamu sekarang, dan nikmati prosesnya.

Sebagai content creator pun, aku memanfaatkan waktu ini untuk mempelajari konten menarik apa aja yang bisa aku buat, mencoba mengedit video, membuat podcast, belajar desain sederhana. Gak ada yang sia-sia jika kamu melakukan hal-hal yang produktif selama di rumah aja.

 

Put Yourself First

Rasa khawatir, stress, takut, dan hidup dalam ketidakpastian rasanya perasaan-perasan ini mendominasi suasana hati saat ini. Yaa, aku juga merasakanya. Belum lagi pemberitaan yang tiada henti, setiap kali melihat HP pasti ikut cemas, deg-deg an, dan segudang perasaan yang gak enak lainnya.

Pemberitaan covid-19 yang terus menerus juga bisa berpengaruh buruk untuk kesehatan mental kita, jadi hati-hati juga terkait pemberitaan yang banyak juga gak benernya. Cerdas membaca berita dan membagikannya.

Ketika di rumah, aku belajar mencintai diriku lebih lagi. Mencoba mendengarkan kebutuhan tubuh dan pikiranku. Oleh karena itu, aku memperhatikan asupan makanan yang aku konsumsi, mulai berolahraga tipis-tipis, latihan yoga dengan melihat youtube, belajar mindfulness, dan membaca buku. Ternyata aku terlalu sibuk untuk hal-hal yang tidak memprioritaskan diriku sendiri.

Wajar saja terkadang aku merasa cepat Lelah dan merasa tidak melakukan apa-apa, belum lagi di era penuh distraksi bahkan kita tanpa sadar mengkonsumsi pemberitaan berlebihan sehingga kita lupa mengecek kesehatan diri kita sendiri.

Kuperhatikan ternyata aku juga lupa menjaga tubuhku, makanya ketika di rumah aku cukup rajin perawatan wajah dan tubuh. Mulai dari maskeran, scrub, dan mengunakan perawatan wajah dan tubuh lainnya.

 

Merawat tubuh menyeluruh.

 

Aku teringat ketika masih aktif kerja di luar rumah, terkadang aku menggunakan ojek ataupun membawa motor sendiri. Ketika sudah tiba di lokasi. Jrennng rambutku jadi berantakan dan kusam. Aku jadi gak percaya diri seharian, istilahnya sih bad hair day gitu.

Nah, selagi banyak di rumah aja.  Aku mencoba beberapa rangkain produk perawatan rambut. Eits, tapi kan WFH buat apa juga mau rapiin rambut?.Eh siapa bilang, kalau WFH kita asal-asalan aja. Gak hanya wajah. Kebersihan rambut juga harus diperhatikan. Contohnya ketika aku dari luar, aku langsung mandi dan mencuci rambut dengan sampo.  Tapi gak hanya ketika ke luar rumah aja. Aku rutin membersihkan tubuh dari atas hingga bawah.

Untuk rambut aku gak mau main-main. Setelah perjalanan yang cukup panjang menemukan sampo yang membuat rambutku lembut dan mudah diatur, secara kan rambutku ini udah bolak balik bleaching dan ganti warna jadi memang terlihat kering dankusam. Nih, aku kasih bocoranya. Aku memilih produk perawatan rambut dari Emeron.

Emeron Hair Care memiliki 6 rangkaian produk yakni : Black Shine, Soft smooth, Damage Care, Anti Dandruf, dan ada khusus untuk kamu yang menggunakan hijab yakni Clean and Fresh.

 

Aku sendiri mencoba rangkaian Black Shine. Sampo dengan warna dominasi hitam ini membuat tampilan emeron menjadi lebih elegan dan charming. Sesuai dengan Namanya, sampo ini memberikan efek rambut yang lebih lembut dan mudah diatur, wangi bunga yang segar juga menambah sensasi mandi menjadi lebih relaks dan menyenangkan. Berhubung aku lagi mau mengganti warna rambut menjadi hitam kembali, jadi aku merawatnya dengan varian Black Shine.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan juga rangkaian kondisioner dengan warna yang sama.  Dengan harga yang relative sangat terjangkau, Sampo ukurang kecil sekitar 8 ribuan, dan ukuran sedang 18 ribuan. Kondisioner sendiri harganya Rp. 23.000/, biar makin maksimal aku juga menggunakan vitamin rambut.

sampo ini bisa jadi pilihan kamu. Selain itu, produk Emeron juga mudah didapat loh, seperti di indomaret dan alfamart. Yuk, segarkan harimu dengan rambut yang lembut dan terawat bersama Emeron.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *